Manfaat Robot Dalam Pendidikan


Beragam inovasi teknologi telah dirancang oleh para ilmuwan dunia agar tercipta teknologi baru untuk memajukan bidang pendidikan di dunia. Di era globalisasi ini siswa dituntut untuk berpikir dengan cepat dan memiliki wawasan yang luas terutama dengan perkembangan teknologi informasi (TI). Misalnya perkembangan teknologi robot yang berkembang pesat terutama di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman. Para pengajar mencoba melakukan pembelajaran dengan robot ini untuk memberikan suasana pembelajaran yang menarik.

Robot pertama kali diperkenalkan pada tahun 1921 oleh penulis dari Czech bernama Wright Karel Capek. Dan semakin populer dengan adanya film Star Wars dan Robot R2D2 sekitar tahun 70-an. Pada zaman modern ini, robot telah diciptakan dan digunakan di berbagai kehidupan salah satunya bidang pendidikan.
Menurut Robot Institute of America, Robot merupakan sebuah manipulator yang dapat diprogram ulang untuk memindahkan tool, material, atau peralatan tertentu dengan berbagai program pergerakan untuk berbagai tugas dan mengendalikan serta mensinkronkan peralatan dengan pekerjaannya.

Setiap sekolah berupaya memberikan yang terbaik dalam kualitas pendidikannya. Tetapi belum banyak sekolah yang sudah menggunakan robot di kelas sebab harga yang kurang terjangkau bagi semua orang. Beberapa pengajar yang telah memberikan ilmu pengetahuan dengan robot tertentu menjadi kegiatan pembelajaran yang unik dan berbeda. Robot dapat digunakan untuk membantu manusia dalam berbagai kehidupan memiliki 4 komponen didalamnya, yaitu :
1. Manipulator
Manipulator merupakan tulang dari sebuah robot. Sistem mekanik ini berfungsi untuk memindahkan ataupun mengangkat benda kerja.
2. Sensor
Sensor berfungsi untuk mendeteksi adanya beberapa perubahan keadaan dari bagian-bagian manipulator.
3. Aktuator
Aktuator merupakan komponen penggerak yang berfungsi menggerakkan atau mengontrol sebuah sistem.
4. Kontroler
Kontroler merupakan rangkaian elektronik berbasis mikroprosesor yang berfungsi mengatur seluruh komponen dalam membentuk fungsi kerja.

Lantas mengapa robot diperlukan dunia pendidikan saat ini?

1. Membantu Peragaan Konsep Abstrak
Beberapa mata pelajaran memiliki konsep abstrak dan sulit dipahami seperti ilmu sains dan matematika. Tidak semua siswa dapat menerima dengan baik konsep abstrak yang sudah dijelaskan oleh pengajar dalam waktu yang singkat.

Robot yang dirancang dalam bidang pendidikan dapat mempermudah pengajar menjelaskan konsep abstrak tersebut. Robot tersebut dapat diprogram sehingga pengajar dapat menciptakan visual learning. Para pengajar dapat menunjukkan konsep abstrak secara nyata melalui program pada robot. Siswa dapat melihat langsung penerapan fungsi atau rumus di dalam dunia nyata dengan cara yang unik dan menarik. Hal ini dapat terekam baik di memori siswa.

2. Membuat Siswa Lebih Kreatif Dan Inovatif
Dengan mengetahui cara dasar membuat robot, siswa akan lebih mudah berkreasi mengimplementasikan ide mereka yang dipadukan dengan unsur robotik. Hal inilah yang membuat siswa lebih kreatif dan inovatif pada saat pembelajaraan berlangsung.

3. Membuka Pemikiran Komputasional
Para pengajar berupaya mengubah ketertarikan siswa pada robot menjadi sebuah passion agar siswa belajar bagaimana memprogram robot itu sendiri. Pemikirian komputasional dikatakan penting karena pemikiran ini merupakan kemampuan memisahkan suatu benda ke beberapa bagian, memahami elemen individual dan menyusun kembali.



Dengan begitu, robot dapat dijadikan alat bantu kreatif yang bermanfaat dalam bidang pendidikan. Hal ini menjadi tantangan bagi pengajar untuk menyiapkan suatu mekanisme edukasi robot yang tetap mempertimbangkan kompetensi siswa dalam pemahaman konsep robotika yang baik, sehingga memacu kreativitas dan inovasi para siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar