Transportasi Super Canggih Ini Akan Segera Hadir di Indonesia


Transportasi memudahkan manusia untuk melakukan perjalanan dekat ataupun jauh. Berbicara mengenai era modernisasi, teknologi transportasi berkembang sangat pesat. Dulu semua orang menggunakan transportasi konvesional sebelum masuknya transportasi online. Berada ditengah kehidupan dengan semua barang yang serba high technology menjadikan transportasi di Indonesia juga berkembang. Teknologi transportasi canggih yang akan segera hadir bernama Hyperloop.
Menurut Wikipedia, "Hyperloop merupakan konsep sistem transportasi berkecepatan tinggi yang diajukan oleh wiraswasta Elon Musk. Hyperloop bergerak dengan menciptakan tekanan rendah yang memungkinkan kapsul bergerak dengan kecepatan yang amat tinggi".


Hyperloop mulai diperkenalkan konsep awalnya pada tahun 2013, 3 tahun kemudian konsep ini mengalami penyempurnaan dan beberapa negara mulai merealisasikan Hyperloop. Kendaraan mirip kereta ini berbentuk tabung yang mampu menampung 20-40 penumpang dengan kecepatan yang dapat ditempuh sekitar 1.300km/jam. Dengan bahan bakar yaitu panel surya, sehingga sudah dipastikan bahwa Hyperloop ramah lingkungan.

Teknologi canggih ini memiliki jalur khusus yang berbentuk pipa dengan penapang bulat penuh dengan menggunakan bahan baja. Didalam pipa raksasa ini dibuat mendekati vakum, hal ini sangat penting sebab dengan tipisnya kepadatan udara sangat memperkecil gesekan antara kapsul dan udara di dalam pipa. Kapsul menjadi bagian yang bergerak, dan tersusun atas bagian-bagian yang penting seperti kompresor depan, nozzle bagian bawah dan samping kapsul, serta bagian tengah sebagai tempat penumpang.





Teknologi Hyperloop sangat dinanti dunia karena kecepatan supernya. Perusahaan pengembang Hyperloop, Hyperloop Transport and Technology (HTT) berencana akan bekerja sama bersama PT Hyperloop Transtek Indonesia. Kurang lebih sekitar 25 tahun kedepan, kita baru bisa menikmatinya karena proyek ini memakan kontruksi yang cukup lama.

Beberapa kota di Indonesia yang akan merasakan kecanggihan Hyperloop adalah kabupaten Tangerang, kabupaten Tangerang Selatan dan daerah Bandara Soekarno Hatta. Jika menghasilkan kesuksesan, teknologi ini juga akan dipasang di beberapa wilayah pulau Jawa dan Sumatra.

Dengan kecanggihan dan kecepatan yang diberikan Hyperloop, membuat biaya yang harus dikeluarkan agar bisa menikmati teknologi ini terbilang mahal. Menurut perkiraannya misal dari Los Angeles ke San Fransisco mencapai $11,5 juta per mil. Semakin jauh perjalanan semakin banyak pula biaya yang harus dikelaurkan. Hyperloop memang terbilang mahal, tetapi sebanding dengan kecanggihan yang luar biasa.



1 komentar: