Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia


Menurut Sardar (1987), "Teknologi merupakan sarana untuk memecahkan masalah mendasar dari peradaban manusia. Tanpa penggunaan teknologi, maka ini akan menyebabkan banyak masalah tidak dapat diselesaikan dengan baik dan sempurna".

Di era globalisasi yang terjadi saat ini kemajuan teknologi merupakan unsur penting yang tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia. Bagaimana tidak, teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia dalam pemecahan sebuah persoalan serta memberikan kenyamanan untuk melakukan segala aktivitas sehari-hari.

Teknologi akan terus berkembang seiring dengan berjalannya kemajuan ilmu pengetahuan yang tiada berhenti. Kuatnya pengaruh teknologi menyebabkan terjadinya perubahan yang signifikan pada pola hidup manusia. Contohnya seperti tidak adanya surat menyurat untuk berkomunikasi yang dilalukan sebelum adanya teknologi yang sudah tergantikan oleh smartphone yang dapat memperlancar komunikasi antara 2 individu. Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, sehingga dengan adanya teknologi membuat manusia dapat berkomunikasi dengan mudah.



Setiap teknologi yang diciptakan membawa dampak positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak sekali kemudahan yang dapat kita rasakan di berbagai aktivitas yang dilakukan, seperti :
1. Informasi akan lebih cepat tersampaikan.
2. Mempermudah komunikasi di seluruh penjuru dunia.
3. Sebagai media hiburan.
4. Sharing sesama tanpa kenal ruang dan waktu.
5. Mempermudah proses pembelajaran.
6. Sebagai situs e-commerce (Toko Online).

Namun, teknologi tidak hanya memberikan manfaat bagi manusia, tetapi juga terdapat sisi buruk jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, seperti :
1. Kurangnya sosialisasi antar sesama.
2. Maraknya penipuan melalui jejaring sosial.
3. Ketergantungan untuk menggunakan teknologi secara terus-menerus.



Teknologi membawa pengaruh besar bagi dunia. Sebagai manusia modern yang berkualitas kita harus bisa memilah dan memilih teknologi yang terus berkembang hingga sekarang. Karena pada kenyataannya tidak selamanya teknologi memberikan efek positif, efek negatif juga akan timbul tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya di kehidupan sehari-hari. Penggunaan teknologi dengan bijak juga diperlukan agar tidak merugikan orang sekitar.

1 komentar:

  1. Terimakasih atas artikel nya kak, sangat membantu saya dalam memahami materi yang dipelajari di kampus saya. Saya Nadiatul Faizah dari kampus ISB Atma Luhur
    Keep your great work!

    BalasHapus