Penerapan Hologram Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Depan


Dewasa ini, dunia pendidikan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan ini didukung oleh teknologi yang telah mengubah bentuk pembelajaran menjadi lebih modern dan menyenangkan. Karena pada dasarnya, pendidikan yang baik tercipta dari proses pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

Teknologi canggih yang akan digunakan di dunia pendidikan adalah Hologram. Hologram sendiri sudah dikembangkan pada tahun 1940 oleh fisikawan Hungaria bernama Dennis Gabor. Hologram merupakan produk dari teknologi holografi yang terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang saling berhubungan dalam bentuk mikroskopik. Sehingga hologram tidak hanya menampilkan di layar datar tetapi dapat menampilkan objek dengan skala 1:1 yang dapat dilihat secara 360 derajat.

Bagaimana penerapan hologram sebagai media pembelajaran di masa depan?


Proses penyampaian informasi terkadang sulit diterima oleh siswa, sehingga membutuhkan alat bantu ataupun media dalam penyampaian informasi. Kini, penggunaan hologram dikatakan mampu meningkatkan kualitas berpikir siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Karena penggunaan media yang tepat akan membuat siswa lebih aktif dan semangat dalam belajar. Selain menarik, siswa akan lebih mudah menerima informasi.

Teknologi hologram dapat menggantikan objek real dalam sebuah pembelajaran. Seperti halnya guru yang berhalangan hadir bisa saja tergantikan dengan teknologi hologram ini. Hal ini dapat terjadi karena pada prinsipnya teknologi ini merekam apa yang ingin kita sampaikan, kemudian diolah dengan menggunakan teknologi hologram. Setelah proses pengolahan dilakukan, objek yang kita rekam akan ditampilkan tanpa harus dihadiri oleh objek real yang bersangkutan. Tidak perlu bingung lagi bagi mereka yang tidak bisa menghadiri suatu acara ataupun pertemuan, mereka cukup merekam apa saja yang ingin disampaikan teknologi tersebut akan menampilkan dalam bentuk hologram dan menyampaikan apa yang telah kita rekam.

Pembelajaran dengan sistem teknologi hologram dapat menambah motivasi belajar dan memperjelas materi yang akan disampaikan. Sebagai contoh, dalam materi organ tubuh makhluk hidup yaitu dengan adanya hologram pembelajaran yang berkaitan dengan organ tubuh manusia ataupun hewan akan lebih mudah dipahami karena terlihat lebih jelas dan nyata. Penerapan hologram dalam pendidikan sebagai media pembelajaran akan membuat siswa cenderung lebih aktif. Siswa seakan-akan berinteraksi langsung dengan objek pembelajaran. Berbeda dengan mempelajari dari buku yang hanya menampilkan gambar secara 2 dimensi. Dengan hologram siswa dapat melihat objek dari sudut pandang manapun.

Dampak positif dan negatif teknologi hologram.



Terciptanya sebuah teknologi pasti membawa dampak positif maupun negatif bagi setiap penggunanya. Dampak positif dari penggunaan hologram adalah sebagai berikut :
1. Dapat menampilkan seseorang dalam bentuk hologram untuk penyampaian informasi jarak jauh
2. Efisiensi waktu
3. Mewakili bentuk objek yang sesungguhnya karena dapat menampilkan dengan skala 1:1, sehingga tidak hanya dibayangkan di dalam otak
4. Pembelajaran lebih produktif dan terarah
5. Muncul metode pembelajaran baru yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

Sedangkan dampak negatif yang terjadi dalam penggunaan hologram adalah :
1. Frekuensi tatap muka menjadi semakin kecil
2. Manipulasi, bisa dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan kejahatan
3. Karena kecanggihan teknologi, seseorang menjadi malas
4. Kejahatan dimana-dimana, dengan memanfaatkan teknologi hologram seorang pelaku tindak kejahatan tidak perlu datang langsung ke tempat yang bersangkutan.

Perkembangan teknologi yang pesat berpengaruh besar terhadap berbagai kehidupan manusia, salah satunya dunia pendidikan. Teknologi hologram diharapkan menjadi sebuah media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang bermutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar