Bermain Game Dengan Perangkat Virtual Reality



Teknologi memang tidak ada habisnya. Semakin meningkatnya ilmu pengetahuan, kecanggihan teknologipun akan terus berkembang. Perkembangan teknologi telah mempengaruhi cara bermain game umat manusia. Anak-anak yang dulunya masih bermain permainan tradisional kini telah terganti menjadi permainan modern di smartphone. Remaja yang hanya bermain di smartphone dengan tampilan 2D sekarang dapat bermain dengan nampak terlihat nyata, pastinya lebih asyik dan menyenangkan.



Bermain game memang dibutuhkan semua manusia untuk me-refresh otak agar kembali segar atau sebagai media hiburan dikala stres. Bermain game juga sangat membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan motorik dan juga dapat membantu proses belajar anak-anak. Seiring perkembangan zaman, kecanggihan teknologi yang ada akan mengubah masa depan dunia gaming. Para pengembang berusaha menciptakan inovasi-inovasi baru bagi para gamer, karena bermain game merupakan sesuatu yang menyenangkan.

Salah satu perangkat game yang digandrungi banyak orang adalah Virtual Reality atau biasa disebut VR. Sebuah perangkat yang dapat menjadikan dunia game lebih berwarna, karena banyak permainan seru dan menarik didalamnya. VR ini sendiri merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan imajinasi dan memberikan pengalaman visual yang menakjubkan.



Beberapa hal yang menjadikan nilai tambah dari VR ini sendiri adalah sensasi nyata yang dirasakan pengguna seolah-olah sedang dalam kehidupan game yang pengguna mainkan. Perangkat tambahan juga diperlukan untuk mendukung jalannya teknologi ini, yaitu berupa :
1. Helm atau Kacamata, berfungsi menggambarkan tampilan pada layar agar pengguna dapat melihat perspektif gambar yang terlihat lebih nyata.
2. Headset, memberikan efek suara yang jelas agar pengguna benar-benar berada pada suasana nyata.
3. Glove dan Walker, penghubung interaksi tangan dan kaki pengguna dengan dunia game, sehingga pengguna dapat merasakan benda-benda seperti di dunia nyata.

Virtual Reality membuat perubahan penting dalam kehidupan dan aktivitas manusia. Tidak hanya sebagai perangkat bermain game ataupun ke dunia film, teknologi ini juga sudah digunakan dalam berbagi bidang, seperti kedokteran, penerbangan, bahkan militer. Dan terdapat banyak media dan kombinasi untuk penerapan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar