Peranan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan



Didalam perkembangannya yang tiada henti, teknologi memberikan perubahan yang sangat besar di berbagai bidang kehidupan termasuk dunia pendidikan. 


Menurut Prof. H. Mahmud Yunus, "Pendidikan ialah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Agar memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukanya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya".

Begitu pentingnya pendidikan bagi kehidupan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Setiap negara berlomba-lomba meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di bidang teknologi dan informasi. Perbedaan antara negara maju dan berkembang tergantung seberapa besar penguasaan terhadap teknologi dan informasi. Bagaimana tidak, informasi merupakan hal utama dalam membangun negara menjadi lebih maju.

Di era globalisasi ini, teknologi berperan sangat penting karena merupakan modal utama didalam persaingan global. Perkembangan teknologi juga menjadikan komputer dan internet menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan. Sekolah harus menyiapkan para siswa dalam menghadapi perkembangan yang sangat cepat dan berusaha menyikapinya dengan baik.



Keberadaan teknologi banyak dikembangkan untuk pendidikan sebagai alat pembelajaran. Beberapa metode dan media digunakan pula agar pembelajaran jauh lebih menyenangkan. Sebagai contoh Augmented Reality (AR), merupakan teknologi baru yang dianggap sebagai perangkat pintar. Pemanfaatan AR digunakan salah satunya untuk mempelajari anatomi tubuh manusia. Seorang pelajar akan mendapatkan organ tubuh manusia dengan bentuk 3 dimensi, dengan hal ini pembelajaran akan lebih efektif dan interaktif.

Sebagai pengguna teknologi pasti dapat merasakan manfaat yang didapat dalam setiap penggunaan teknologi. Berikut merupakan manfaat teknologi dibidang pendidikan bagi para siswa :
1. Informasi ilmu pengetahuan dapat diperoleh dengan cepat dan mudah.
2. Materi yang disampaikan menjadi lebih interaktif dan menyenangkan.
3. Belajar dapat dimana saja dan kapan saja.



Dengan adanya teknologi diharapkan mampu meningkatkan efektifitas proses pembelajaran antara murid dan guru, sebagai wadah pengembangan diri, kecepatan dan ketepatan dalam memperoleh informasi, serta dapat menciptakan pendidikan berkualitas untuk melahirkan SDM yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar